Aliran-aliran kepercayaan yang ada di Indonesia




Aliran-aliran kepercayaan yang ada di Indonesia sesuai dengan pembedaan jenisnya di bedakan menjadi 4 yaitu: 1. Kebatinan Sebagai Gerakan Kerohanian 2. Kebatinan sebagai Budaya spiritual 3. Kebatinan sebagai gerakan mistik-megis 4. Kebatinan sebagai gerakan pemurnian jiwa.
1.      Kebatinan Sebagai Gerakan Kerohanian
Memahami hakikat kebatinan perlu diketahui kedudukan aliran tersebut terlebih dahulu secara kongkrit perwujudannya yang ada di masyarakat, karena bermacam-macam aliran atau organisasi aliran kebatinan.
Pendapat ketua BKKI (Mr.Wongsonegoro) dalam sebuah pidatonya, antara kebatinan dan agama tidak ada perbedaan prinsipil, keduanya mempunyai unsur yang sama yaitu panembah (kebaktian terhadap Tuhan Yang Maha Esa) dan budi luhur. Aliran kebatinan berprinsip agar manusia selalu berusaha membersiahkan diri, dengan semboyan “sepi ing pamrih rame ing gawe”. Dari pernyataan tersebut menunjukkan bahwa kedudukan kebatinan atau aliran keagamaan, merupakan suatu gerakan yang menitik beratkan pembinaan kehidupan rohani.
2.      Kebatinan sebagai Budaya spiritual
Kebatinan merupakan budaya spiritual, setelah masuknya GBHN 1978 (dimana dinyatakan bahwa kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Bukan Agama). Adapun budaya spiritual yang dimaksudkan ialah budaya sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Kajian secara historis menunjukkan latar belakang kenapa jawa merupakan basis dari berbagai macam aliran, karena pada hakekatnya Kebatinan adalah inti sari dari falsafah orang jawa yang disebut “ngelmu kejawen” atau koentjaraningrat disebut sebagai agama jawi, yaitu suatu warisan dari agama islam orang jawa yang bersifat sinkretis yang masih mencampur adukan antara agama islam dengan komplek keyakinan dan konsep-konsep Hindu Budha yang cenderung kearah mistik. Ajaran-ajaran tersebut telah ada sejak abad 16-17 M, terdapat dalam kasusteraan suluk yaitu himpunan syair-syair mistik yang ditulis dalam bentuk mocopat  gaya mataram, semacam suluk sukarsa dan suluk wijil.

0 Response to "Aliran-aliran kepercayaan yang ada di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel